RSS

wajib belajar 12 tahun

06 Jun

TEMPO.CO, Jakarta – Pengamat pendidikan Arif Rahman mengatakan dalam program Pendidikan Menengah Universal, tidak semua daerah mampu menerapkan wajib belajar 12 tahun. “Semua belum siap mewajibkan itu, maka diganti dengan Pendidikan Menengah Universal,” kata Arif, Rabu, 7 Maret 2012.

Menurut Arif, kalau pemerintah memakai kata “wajib”, nanti akan timbul pemberontakan di tengah masyarakat. “Mereka akan keberatan dengan diharuskannya belajar 12 tahun,” ujarnya.

Arif menjelaskan, secara universal sudah ada kewajiban 12 tahun. “Pemerintah ingin mengikuti target dunia.” Kata Arif, negara lain sudah menerapkan wajib pendidikan sampai 12 tahun. “Sumatera Selatan sudah mampu menerapkannya tahun ini, pemerintah menargetkan 2013 sudah terlaksana,” Arif menjelaskan.

Pada 2013 mendatang, pemerintah akan memberlakukan program Pendidikan Menengah Universal. Pendidikan Menengah Universal adalah nama lain dari Wajib Belajar 12 tahun. “Kami tidak memakai kata wajib karena tidak ada yang mewajibkan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Berbeda dengan program wajib belajar 9 tahun yang ada amanah dari undang-undang. “Wajib 12 tahun belum ada undang-undangnya,” kata Nuh.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2012 in artikel

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: