RSS

Pentingnya Peran Pemerintah

06 Jun

Wajar 12 Tahun, Peran Pemda Sangat Diperlukan

Oleh : Nata Dwiharso

KBRN, Jakarta : Praktisi pendidikan Prof Dr Arif Rahman meminta pemerintah daerah untuk lebih aktif dalam melakukan program rintisan pendidikan Wajib Belajar 12 Tahun yang akan dilakukan pemerintah pusat tahun 2012 mendatang. Menurut dia, di era reformasi pembangunan bangsa dilakukan secara desentralisasi dan tidak hanya dilakukan oleh pusat.

“Kalau ada gagasan ini dari pemerintah, masyarakat juga harus merintis juga. Jangan pemerintah yang mengerjakan, lebih baik pemerintah daerah mencari dana sebanyak-banyaknya, lalu berlomba-lomba. Nanti jadi persaingan sehat, jitu dan indah,” jelasnya dalam dialog dengan Pro3 RRI, Jumat (30/9) petang.

Untuk itu, pemerintah daerah dituntut untuk lebih bekerja keras dalam memberkan perannya dalam pembangunan, khususnya dalam bidang pendidikan. Tak hanya itu, tambah Arif, masyarakat juga harus ikut berperan dalam member kontribusi dalam hal ini.

“Pemda harus betul-betul bekerja keras, karena itu pemekaran daerah harus diikuti dengan kesanggupan. Itu yang saya pikir mengapa daerah harus berkiprah. Pemerintah juga membantu yang penting-penting saja. Pemerintah juga jangan merasa menyelesaikan sendiri. Masyarakat juga harus ikut serta,” pesannya.

Selain itu, menurut pandangan Arif Rahman, Wajib Belajar juga memiliki dampak kultural. Masyarakat secara kultur sadar bahwa untuk bekerja sesuai tuntutan pasar, harus belajar minimal sampai SMA atau sederajat.

“Kedua, kata Wajib Belajar punya dampak kultural, misalnya orang sadar bahwa pendidikan harus sampai SMU. Jadi kita sudah mempunyai semangat untuk kita dongkrak. jangan sampai 17 tahun, kalau bisa sampai 19 tahun. Pada saat ini dipastikan semua anak Indonesia cukup pengetahuan untuk mandiri,” pungkasnya.

(Editor : Heri Firmansyah)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2012 in Peraturan Pemerintah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: