RSS

Mengapa Wajib Belajar 12 Tahun ????

06 Jun

MENGAPA WAJAR 12 TAHUN ?

Otonomi daerah memberi peluang kepada pemerintah Kota Bontang untuk berinovasi dalam pengembangan pendidikan di wilayahnya termasuk program penuntasan wajib belajar 12 tahun. Mengapa perlu wajib belajar 12 tahun? Ada beberapa hal yang melatarbelakangi meliputi:

  • Pertama, lebih dari 80% komposisi tenaga kerja didominasi lulusan SD dan SMP. Dalam tuntutan global hal ini sudah tidak mungkin lagi, sector industri yang menyerap tenaga kerja terbesar kedua setelah pertanian memerlukan tenaga kerja yang berkualifikasi lebih dari sekedar lulusan SD dan SMP.
  • Kedua, dari segi ekonomi pendidikan merupakan jalan untuk meningkatakan SDM oleh karena itu masyarakat harus berpendidikan  minimal SLTA  yang pada gilirannya akan memberi dampak ekonomi masyarakat.
  •  Ketiga, bahwa semakin tinggi pendidikan maka semakin besar pula peran serta di masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Keempat, pertumbuhan kota industri sangat bergantung pada peningkatan kualitas pendidikan, mengingat pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruh seberapa tinggi tingkat pendidikan warganya
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: