RSS

Latar Belakang Wajib Belajar 12 Tahun

06 Jun

LATAR BELAKANG WAJAR 12 TAHUN

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 secara tegas menyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Penjabaran dari tujuan tersebut telah tercantum pada`pasal 31 ayat (1) yang menyebutkan “Tiap-tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran” dan ayat (2) menyebutkan “Pemerintah mengusahakan dan meyelengarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan Undang-undang”.

Dalam konteks otonomi daerah maka pengelolaan urusan pendidikan dasar dan menengah telah menjadi urusan pemerintah kab./kota. Hal ini  harus disikapi secara cerdas agar pelimpahan ini tidak hanya menjadi pemindahan permasalahan pendidikan dari pusat ke daerah tetapi lebih kepada upaya bersama dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan secara adil dan merata  bagi warganya.

Upaya pemerintah pusat dalam pengentasan program wajib belajar (Wajar)  Pendidikan Dasar 9 tahun pada tahun 2008 tentu harus kita dukung sepenuhnya. Sebagai contoh pemerintah Kota Bontang telah berbuat tidak sebatas pada Wajar Dikdas 9 tahun tetapi wajar Dikmen 12 tahun sejak tahun 2004. Hal ini tertuang dalam dokumen Kerangka Acuan Bontang Cedas 2010 yaitu indicator pertama yang berbunyi “Rata-rata lama pendidikan masyarakat mencapai 12 tahun “. Apa artinya bahwa pemerintah Kota Bontang menginginkan agar semua masyarakat Bontang pada tahun 2010 telah memiliki pendidikan terendah setingkat SMA/SMK atau yang sederajat.

Berkaitan dengan hal tersebut maka Walikota Bontang telah melaunching program Wajib Belajar 12 tahun bertepatan dengan malam perayaan Tahun Baru 1 Januari 2007, untuk menyukseskan program tersebut berbagai kegiatan akan terus dikembangkan yaitu dengan  mempertajam program pembebasan biaya pendidikan, perluasan akses pendidikan bagi semua. Namun demikian hal itu tidak akan berarti banyak kalau tanpa dukungan dari semua pihak utamanya orangtua siswa dan masyarakat pada umumnya

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2012 in Peraturan Pemerintah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: